WHAT'S NEW?
Loading...

PALU (Martil)


Palu atau Martil adalah alat yang digunakan untuk memberikan tumbukan kepada benda. Palu umum digunakan untuk memaku, memperbaiki suatu benda, penempaan logam dan menghancurkan suatu objek. Palu dirancang untuk tujuan tertentu dengan variasi dalam bentuk dan struktur. Bentuk umum palu terdiri dari gagang palu dan kepala palu, dengan sebagian besar berat berada di kepala palu. Desain dasar palu agar mudah digunakan, tetapi ada juga model palu mekanis yang dioperasikan untuk keperluan yang lebih besar.
Ada beberapa jenis palu sesuai dengan peruntukanya:

Palu Konde
Kepala palu ini terdiri dari 2 bagian yaitu bagian yang rata dan bulat. Bagian yang rata digunakan untuk memukul benda kerja atau memaku, sedangkan bagian yang bulat digunakan untuk membuat cekungan pada benda kerja.
Gambar 1. Palu Kulit
Palu Tembaga
Palu ini dipergunakan untuk pekerjaan perbaikan dengan pemukulan berkekuatan sedang dan menengah, misalnya mengeluarkan bagian-bagian mesin listrik tancap tanpa merusaknya. Tembaga memiliki sifat yang lebih lunak dari pada besi. Setelah lama dipergunakan, palu tembaga akan menjadi keras, untuk memperlunak kembali, kepala palu ini harus dipijarkan lagi.
Gambar 2. Palu Tembaga

Plastic Hammer.
Alat ini juga digunakan serupa dengan brass hammer   namun   ditujukan   hanya untuk pemukulan ringan.
Gambar 3. Palu Plastik 

Palu Kulit (Rawhide Hammer)
Alat ini  dibuat  dengan  permukaan  dari kulit. Alat ini digunakan untuk memukul permukaan-permukaan benda  yang  sangat  halus  atau bahan-bahan lunak tanpa mengakibatkan kerusakan.
Gambar 4. Palu Kulit 

Palu Karet (Rubber Mallet)
Bagian kepela dibuat dari karet yang keras  yanmembuatnya  sangat cocok untuk pemakaian seperti pemasangan ban.

Gambar 5. Palu Karet

0 komentar:

Posting Komentar